Sebuah website untuk bisnis online tentu sangat penting peranannya. Salah satu alasannya adalah dengan menggunakan website toko online, para pelaku bisnis online bisa memajang foto dan deskripsi produk sesuai dengan keinginan mereka. Mereka juga bisa mengatur tata letak dan desain dari website toko online mereka sendiri. Seorang pemilik toko online juga harus tahu bagaimana website atau tampilan toko online yang menarik dan tentu saja mampu menjual di pasaran. Dan berikut ini adalah infografis yang akan menjelaskan itu semua.
1. Ketahui target audien Anda
Target audiens adalah salah satu subjek yang akan membeli produk dari website Anda. Membeli merupakan keputusan emosional, mengerti akan kebutuhan pelanggan merupakan kunci sukses sebuah bisnis online. Karena target audiens Anda akan memutuskan untuk membeli produk Anda berdasarkan gambar dan informasi produk yang Anda tampilkan. Maka dari itu Anda harus mampu menyediakan informasi yang mereka cari. Karena jika Anda tidak melakukan hal tersebut, pembeli akan segera meninggalkan toko online Anda.
2. Buat navigasi yang sederhana
Calon pembeli menginginkan navigasi yang mudah untuk dipahami dan membuat mereka merasa mudah untuk berpindah dari titik A ke titik B pada toko online Anda. Dengan navigasi yang mudah akan memungkinkan mereka untuk menelusuri katalog produk Anda dengan cepat dan mudah.
3. Gunakan gambar produk dengan resolusi yang tinggi
Gambar produk adalah bagian paling penting pada website toko online Anda. Gambar produk beresolusi tinggi haruslah menampilkan detail dari tiap sisi produk yang Anda jual. Pembeli jelas ingin mengetahui apa yang akan mereka peroleh. Maka dari itu sebagai penjual yang dagangannya ingin dibeli, berilah pelanggan apa yang mereka inginkan. Gambar yang dapat di zoom dan bisa dilihat dari sudut pandang lain merupakan booster untuk menkonversi pengunjung menjadi pembeli.
4. Tulislah info produk secara detail dan memikat
Coba Anda lihat tampilan iklan pada majalah atau koran dan bayangkan jika di dalamnya ditambahkan informasi yang lebih lengkap tentang produk, seperti itulah produk Anda harusnya dapat ditampilkan. Hal seperti ini penting untuk memicu terjadinya transaksi. Deskripsi produk yang bagus bukan hanya tentang informasi produk yang Anda jual, tetapi bagaimana cara Anda menyuguhkan informasi tersebut dengan lengkap dan semenarik mungkin.
5. Buat “call to action” berupa gambar
Lupakan sejenak Call to Action berupa tombol BELI yang memang biasa terdapat pada sebuah toko online. Cobalah hal lain dengan menggati tombol tersebut dengan sebuah gambar yang lebih menarik. Call to Action berupa gambar yang lebih menjelaskan kualitas dari produk Anda sebagai ajakan kepada calon pelanggan. Gambar ini akan membujuk orang untuk membeli produk pada toko online Anda.
6. Tampilkan video produk
Calon pembeli senang dengan toko online yang interaktif, semisal melalui video produk. Menampilkan video tentang produk yang Anda jual merupakan cara terbaik untuk menarik pengunjung agar mau membeli, karena dengan video tersebut calon pembeli dapat seolah-olah menyentuh atau merasakan produk yang akan dibelinya. Belum lagi jika Anda menambahkan penjelasan tentang manfaat menggunakan produk tersebut, karena hal itu akan menambah peluang konversi pengunjung menjadi lebih baik.
7. Selalu tampilkan keranjang belanja
Pastikan bahwa keranjang belanja dapat dilihat oleh pembeli setiap saat, tempat paling baik adalah bagian atas sudut kanan layar. Hal tersebut akan memastikan bahwa calon pembeli akan dengan mudah mendapatkan info tentang produk di keranjang belanja mereka. Calon pembeli memiliki kebiasaan memeriksa barang-barang sebelum mereka melanjutkan untuk melakukan transaksi. Hal ini merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan rasio konversi dari toko online Anda.
8. Jika memungkinkan pengiriman gratis
Merupakan pertanyaan besar bagi para pemilik toko online jika menghapuskan biaya pengiriman barang. Karena itu jelas-jelas akan menambah biaya pada sisi penjual. Tapi tahukan Anda tentang fakta bahwa biaya pengiriman barang adalah pembunuh sebenarnya dari peluang konversi toko online Anda. Jadi apakah Anda masih berpikir untuk tidak menawarkan gratis pengiriman barang? Memang terkadang dirasa tidak masuk akal untuk memberikan gratis biaya pengiriman pada barang yang harganya di bawah biaya pengiriman itu sendiri, tapi mungkin Anda dapat menawarkan gratis pengiriman barang jika calon pembeli memang membelinya dalam jumlah banyak.
9. Jangan sampai ada gangguan
Banyak situs e-commerce di mana memasang iklan produk pada halaman checkout atau link ke blog perusahaan atau sesuatu yang lain. Ingat, pembeli tidak ingin diganggu karena hal tersebut memungkinkan calon pembeli meninggalkan toko online Anda. Jika mereka menemukan unsur-unsur tertentu yang mengganggu selama mereka belanja, mereka akan melakukan hal tersebut . Jadi, dalam proses checkout toko onlie Anda, hanya tampilkan informasi pesanan saja dan tidak untuk yang lain.
10. Buat rekomendasi produk pada homepage
Ada pembeli yang tidak tahu barang apa yang akan mereka beli ketika masuk ke dalam sebuah website toko online. Ini alasan Anda harus merekomendasikan produk terbaik Anda kepada para pengunjung. Ini akan sangat membantu bagi pada calon pembeli karena mereka dapat fokus pada produk yang mereka ingin beli.
11. Tampilkan diskon secara jelas
Jika Anda menawarkan diskon pada sebuah produk atau menjalankan beberapa promo spesial, informasi ini harus jelas terlihat pada toko online Anda, sebaiknya di halaman home toko online Anda. Jika Anda ingin diskon Anda dapat meningkatkan peluang konversi, maka pastikan mereka dapat dengan mudah menaruh perhatian pada program diskon Anda.
12. Tampilkan info kontak
Sesuatu yang sederhana seperti menyebutkan info kontak pada toko online Anda, dapat membuat peluang konversi meningkat. Karena belanja online adalah tentang kepercayaan. Jika pelanggan mempercayai situs Anda, mereka akan membeli dan salah satu caranya adalah dengan menampilkan informasi kontak secara rinci.
13. Sediakan pilihan pembayaran yang beragam
Beberapa pembeli mungkin memiliki keraguan untuk berbagi informasi kartu kredit mereka pada toko online Anda, yang berarti mereka akan meninggalkan website sebelum membeli jualan Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda menawarkan beberapa pilihan pembayaran. Agar pembeli memiliki kesempatan untuk dapat dengan mudah membeli dan melakukan pembayaran melalui toko online Anda.
14. Tambahkan fitur "Advanced Search"
Fasilitas pencarian yang lebih lengkap akan membantu pembeli menemukan produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Search bar adalah bagian penting dari navigasi website toko online Anda. Terutama jika Anda memiliki toko online berskala besar, seperti Amazon atau eBay. Salah satu aturan dasar untuk meningkatkan tingkat konversi dari sebuah website toko online adalah dengan membuat pengalaman berbelanja lebih sederhana. Menyediakan fitur pencarian yang lengkap adalah salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut.
15. Usahakan “Keep it Simple”
Hindari segala hal yang membuat website toko online Anda menjadi rumit. Pastikan semua hal yang dicari calon pembeli tentang produk dan informasinya dapat diakses dengan mudah. Tidak ada pembeli yang mencari mencari toko online yang dibuat dengan berlebihan. Karena mereka hanya mencari website toko online membuat belanja menjadi lebih mudah.
Semoga lima belas tips tersebut dapat membatu Anda untuk membuat website toko online yang mendatangkan banyak pemasukan.
Featred on MEBISO
Comments
Post a Comment